Kamis, 05 November 2020

MAPEL TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X OTKP

 Petunjuk!!

  1. Silahkan pelajari materi berikut lalu di rangkum di buku tulis sebagai bahan belajar
  2. Isi daftar hadir di kolom komentar dengan format :
    • Nama : . . . . .
    • Kelas : . . . . .


TEKNIK PENGETIKAN & APLIKASI PENGOLAH KATA


A. Pengertian Pengetikan Cepat dan Tepat
Mengetik cepat adalah sebuah proses dalam mengetik dalam teori jari dan keserempakan hentakan pada papan ketik yang menghasilkan teks atau angka dengan rapi dan tepat sesuai dengan mata tanpa melihat ke keyboard.
1. Teknik Pengetikan (Keyboarding)
            Terdapat 4 metode pengetikan 10 jari:
a. Latihan manual
b. Latihan menggunakan program atau aplikasi
c. Latihan dengan bantuan situs internet
d. Latihan mengetik cepat yang menyenangkan
      2. Teknik Mengetik 10 jari
a. Petunjuk untuk diterapkan saat mengetik sebagai berikut:
1.) Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
2.) Posisi siku menggantung
3.) Lemaskan seluruh jari tangan
4.) Tekan tombol dengan tenang
5.) Lemaskan tangan bila tidak sedang mengetik
B. Penempatan jari tangan pada papan ketik (keayboard)
1.) Cara mengetik dengan keayboard
a. Posisi awal (hom row)
b. Posisi 10 jari tangan
c. Posisi mengetik yang benar
d. Cara sehat melihat monitor
2. Tata cara mengetik 10 jari
e. Struktur tombol pada keyboard terbagi atas empat berikut:
a. Tombol ketik (Typing Key)
b. Numeric keypad
c. Tombol fungsi (function keys)
d. Tombol kontrol (control keys)
3. Latihan dasar mengetik 10 jari
a. Latihan penguasaan tombol pangkal
b. Latihan penguasaan tombol g
c. Latihan penguasaan tombol h
d. Latihan penguasaan tombol e
e. Latihan penguasaan tombol i
f. Latihan penguasaan tombol r
g. Latihan penguasaan tombol u
h. Latihan penguasaan tombol m
i. Latihan penguasaan tombol v
j. Latihan penguasaan tombol n
k. Latihan penguasaan tombol b
l. Latihan penguasaan tombol c
m. Latihan penguasaan tombol koma
n. Latihan penguasaan tombol t
o. Latihan penguasaan tombol y
p. Latihan penguasaan tombol o
q. Latihan penguasaan tombol w
r. Latihan penguasaan tombol titik
s. Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
t. Latihan penguasaan tombol p
u. Latihan penguasaan tombol x
v. Latihan penguasaan tombol q
w. Latihan penguasaan tombol z
x. Latihan penguasaan angka angka
y. Latihan penguasaan tanda tanda baca




SIKAP DUDUK YANG BENAR SAAT DIDEPAN KOMPUTER


Posisi Duduk yang Baik




1. Posisi paha sebaiknya horizontal sejajar dengan lantai tempat kamu bekerja.
                 
2. Telapak kaki menapak ke lantai

3. Bantalan pada kursi sebaiknya da[at menopang punggung Kamu  
   yang bawah, sehingga punggung dapat tetap tegak.

4. Jangan menggunakan posisi duduk yang sama saat Kamu bekerja
   terlalu lama, ubahlah sesekali.

5. Jangan membungkuk, rileks dan nikmati.


Posisi Monitor yang Tepat



 1.  Usahakan tidak ada penghalang antara mata dengan monitor
     yang dapat  menyebabkan monitor tidak dapat dilihat dengan 
     baik.

2.  Atur kecerahan dan ketajaman gambar sesuai dengan kebutuhan
    mata Kamu.

3. Posisi monitor jangan sampai memantulkan cahaya yang dapat
   menggangau konsentrasi Kamu saat berada di depan layar

4. Atur posisi monitor sejajar atau sedikit dibawah mata.


Posisi Meja Komputer



1. Taruhlah keyboard dan mose dengan posisi yang dapat membuat 
   lengan Kamu rileks

2. Usahakan posisi meja dengan siku membentuk sudut 90 derajat

3. Pada saat mengetik usahakan posisi lengan Kamu pada posisi
   yang tepat dan dapat menjangkau mouse


APLIKASI PERKANTORAN

Aplikasi Pengolah Kata ( Microsoft Office Word )
a. Pengertian Ms. Word 
Menurut Wikipedia, Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata. Adapun secara umum, Microsoft Word merupakan sebuah program aplikasi pengolah data berupa huruf/kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, dan lain-lain.
b. Fungsi Microsoft Word 
Fungsi dan kegunaan Microsoft Word antara lain sebagai berikut. 1) Guna membuat dokumen dengan cepat. 
2) Guna menyimpan dokumen dan format yang beragam. 
3) Guna membuat tulisan dalam berbagai variasi. 
4) Guna membuat label surat.
c. Manfaat Microsoft Word. 
Adapun manfaat Microsoft Word, antara lain sebagai berikut. 
a. Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan. 
b. Menghemat waktu dalam pekerjaan. 
c. Menghemat kertas dan biaya.

1. Langkah-Langkah Bekerja dengan Aplikasi Pengolah Kata
    Word 2016 mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Jika anda baru menggunakan word atau lebih banyak pengalaman dengan versi lama, anda harus terlebih dahulu meluangkan waktu agar akrab dengan antarmuka Word 2016.
a. Antarmuka Word 
     Ketika anda membuka Word umtuk pertama kalinya, Strat Screen akan mucul. Dari layar Start, cari dan pilih dokumen Blank untuk mengakses antarmuka Word.
1) Microsoft Account
2) Scroll Bar
3) Page dan Word Count
4) Document Views
5) Zoom Control
b. Lingkungan Word
      Seperti versi terbaru lainnya, Word 2016 tetap menggunakan fitur seperti Ribbon dan Quick Acces Toolbar.
1) Ribbon 
  Ribbon berisi beberapa tab, yang dapat Anda temukan di dekat bagian atas jendela Word.
a) Menampilkan dan menyembunyikan Ribbon
    Jika Anda merasa bahwa Ribbon mengambil terlalu banyak ruang layar, Anda dapat menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Ribbon Display Option di sudut kana atas Ribbon, lalu pilih opsi yang diinginkn dari menu Drop-Down.
(1) Auto-hide Ribbon
(2) Show Tabs
(3) Show tab and Commands
b) Menggunakan fitur Tell Me
     Fitur Tell Me bekerja seperti sebuah kotak pencarian biasa: Ketik apa yang Anda ingin cari, dan daftar pilihan akan  muncul.
2) Quick Acces Toolbar
   Terletak tepat di atas Ribbon. Secara default, itu menampilkan perintah Save, Undo, dan Redo. Menambahkan perintah pada Quick Acces Toolbar.
a. Klik panah Drop-Down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
b. Pilih perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu,
c. Perintah akan ditambahkan pada Quick Access Toolbar.

3) Ruller 
  Ruller terletak dibagian atas dan disebelah kiri dokumen Anda. Ruller akan mempermudah menyesuaikan dokemen Anda dengan presisi.
Menampilkan atau menyembunyikan Ruller.
a. Klik tab view 
b. Klik kotak centang di sebelah Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
4) Tampilan Backstage
    Backstage menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak dan berbagi dokumen Anda.
5) Tampilan Dokumen dan Zooming
   Anda dapat memilih melihat dokumen Anda pada mode baca/Read View, Print Layout, atau Web Layout. Anda juga dapat memperbesar dan memperkecil agar dokumen anda lebih mudah dibaca.
6) Mengalihkan Tampilan Dokumen
    Cukup cari dan pilih tampilan dokumen yang diingikan di sudut kanan bawah jendela Word.
a. Read Mode akan membuka dokumen pada layar penuh.
b. Print Layout adalah tampilan default dokumen Word.
c. Web Layout akan menampilkan dokumen seperti halaman web.
7) Memperbesar dan Memperkecil
     Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan tarik Zoom Control slider disudut kanan bawa jendela Word. Nomor di sebelah slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut Zoom Level.
8) Membuat Dokumen Kosong Baru
a. Klik tab file untuk mengakses tampilan Backstage.
b. Pilih New, lalu klik dokumen Blank
c. Sebuah dokumen kosong baru akan muncul.
9) Membuat Workbook Baru dari Template
      Template adalah dokumen pradesain yang dapat Anda gunakan umtuk membuat dokumen baru dengan cepat.
a. Klik tab File untuk mengakses tampilan Backstage.
b. Gunakan kotak pencarian untuk menemukan sesuatu yang lebih spesifik.
c. Pilih template untuk melihatnya.
d. Klik Create untuk menggunakan template yang dipilih.
e. Sebuah dokumen baru akan muncul dengan template yang dipilih.
10) Membuka Dokumen yang Sudah Ada 
a. Buka tampilan Backstage, kemudian klik Open.
b. Pilih This PC, kemudian klik Browse. Anda juga dapat memilih OneDrive untuk membuka file yang tersimpan pada OneDrive Anda.
c. Kotak dialog Open akan muncul. Cari dan pilih dokumen Anda, kemudian klik Open,
d. Dokumen yang dipilih akan muncul.
11) Melalukan Pin Dokumen  
a. Buka tampilan Backstage, klik Open, lalu pilih Recent.
b. Daftar dokumen yang baru diedit akan muncul. Arahkan mouse di atas dokumen yang ingin pin, lalu klik ikon Pushpin.
c. Dokumen akan tertinggal di daftar Recent dokumen sampai itu dilepas. Untuk membuka pin dokumen, klik ikon Pushpin lagi.
12) Mode Kompatibilitas 
     Combatibility Mode menonaktifkan fitur-fitur tertentu, sehingga Anda hanya dapat mengakses perintah yang ditemukan di dalam program yang digunakan ketika membuat dokumen itu.
13) Mengkonversi Dokumen
a. Klik tab File untuk mengakses tampilan Backstage, kemudian cari dan pilih perintah Convert.
b. Sebuah kotak dialog akan muncul. Klik OK untuk mengkonfirmasi upgrade berkas.
14) Membuat Surat dan Sampul Surat 
Cara memberikan alamat pada amplop (Envelope) dan mencetaknya sebagai    berikut.
a. Jika anda membuat sebuah amplop sementara kursor terletak pada dokumen surat, dan jika dokumen dimulai dengan satu paragraf yang terdiri dari empat baris yang menggunakan Left Alignment, paragraf tersebut akan secara otomatis ditampilkan sebagai alamat pengiriman pada kotak dialog Envelope.
b. Pada tab Mailings, di grup Create, klik Envelopes.
1) Pada kotak dialog Envelopes and Labels, jika kotak Delivery Address kosong atau jika teks kurang lengkap atau salah, tambahkan atau edit teks sesuai keperluan.
2) Jika kotak Return Address kosong, atau jika teks kurang lengkap atau salah, tambahkan atau edit teks tersebut.
15) Membuat Teks dan Paragraf 
a. Cara mengatur jarak antarbaris di dalam paragraf sebagai berikut.
1) Pilih paragraf yang ingin Anda format.
2) Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Line and Paragraph Spacing.
3) Jika Anda melihat ukuran jarak baris yang Anda inginkan, klik untuk mengaplikasikannya.
4) Jika Anda ingin ukuran jaak baris yang lainnya (yang tidak ada pada daftar) klik Line Spacing Options.
5) Pada kotak dialog Paragraph, di bagian Line Spacing, klik tipe yang Anda inginkan.
16) Membuat Tabel 
   Adapun langkah pembuatan tabel dalam microsoft word  2016 sebagai berikut.
a. Klik “insert” pada menu bar. Kamu bisa langsung klik menu “table” dan kolom yang diperlukan. 
b. Klik “desain” pada menu bar untuk mengubah desain tabel pilih desain tabel sesuai keinginan anda di bagian “table style”.
c. Klik template desain tabel yang anda inginkan.
17) Membuat Surat Massal
Cara membuat Mail Merge di Microsoft Office Word sebagai berikut.
a. Kita membuat dulu naskah utama dokumen yang ingin di buat. Misalnya untuk kepala surat.
b. Kemudian kita jalankn mail merge wizard,caranya klik menu mailings kemudian mail merge
c. Akan muncul wizard di sebelah kanan.
d. Pada step kedua pilih user the current dokument.
e. Pada step ketiga ini kita pilih type new list
f. Akan muncul kotak dialog baru
g. Kemudian apus semua field names yang ada
h. Setelah terhapus buat lagi yang bau 
i. Jadi sudah terbentuk kolom yang baru


17 komentar:

Rini Fabela mengatakan...

Nama :Rini Fabela
Kelas:X OTKP

Kesih mengatakan...

Nama: Sukaesih nur Khalizah
Kelas: X OTKP

Putri Erlina Wijayanti mengatakan...

Nama:Putri erlina wijayanti
Kelas:X OTKP

Adila putri setiyani mengatakan...

Nama:Adila putri setiyani
kelas:X OTKP

Dea andini putri mengatakan...

Nama:Dea Andini Putri
Kelas:X OTKP

Een shoviana mengatakan...

Nama : Een Shoviana
Kelas: X OTKP

Unknown mengatakan...

Nama: jihan Afifah
Kelas : X OTKP

RINAELFIANA mengatakan...

Nama: RinaElfiana.
Kelas:X OTKP

Unknown mengatakan...

Nama: Arzah Aulia
Kelas: X OTKP

Unknown mengatakan...

Nama:Mufti hasan
Kelas:X OTKP

Unknown mengatakan...

Nama:aning
Kelas:xotkp

Unknown mengatakan...

Nama:Nandita Eka Aryta Putri
Kelas:X OtKp

Ita Permatasari mengatakan...

Nama:Ita Permatasari
Kelas:X OTKP

Nanda feli ferdinasari mengatakan...

Nama:Nanda feli ferdinasari
Kelas:X Oktp

Delles cahyono mengatakan...

Nama :Delles cahyono
Kelas:X.OTKP

Rahmawati mengatakan...

Nama: Rahmawati (A)
Kelas:X OTKP

Sobriyah mengatakan...

Nama:Sobriyah gustina
Kelas:X OTKP

Komunikasi Lisan dan Tertulis

  Komunikasi Lisan dan Tertulis Komunikasi adalah salah satu cara manusia berhubungan dan berinteraksi satu sama lain.  Kita melakukan komun...