KORESPONDENSI BAHASA INGGRIS
PROSEDUR PEMBUATAN SURAT BAHASA INGGRIS
Di dalam menulis surat dengan bahasa inggris, ada beberapa hal yang
perlu kita perhatikan. Cara membuat surat dalam bahasa inggris:
Membuat Surat Bahasa Inggris :
- Pertama, harus mencantumkan alamat dan kode pos dimana menulis surat tersebut (untuk surat resmi/formal ditulis kop suratnya). Setelah itu, harus mencantumkan tanggal pembuatan surat tersebut.
- Kemudian, tuliskan nama orang atau instansi terkait yang akan menerima surat tersebut, alamat lengkap kemudian kode pos.
- Barulah membuat awalan surat dengan greetings/salam. Setelah itu tuliskan isi surat.
- Setelah selesai menuliskan isi surat tersebut, berikan salam penutup. Jangan lupa berikan tanda tangan dan tuliskan nama.
FORMAT PENULISAN SURAT BAHASA INGGRIS
Berikut format penulisan surat yang bersifat formal dan non formal secara umum:
1. Format penulisan surat formal/resmi:
- Sender name and address (Nama dan alamat pengirim surat)
- Date (Tanggal)
- Our Reference (Referensi)
- Receiver name and address (Nama dan alamat penerima surat)
- Greeting or salutation (Pembuka)
- Subject (Judul)
- Content (Isi)
- Your Sincerely or complimentary closing (Penutup surat)
- Signature (Tanda Tangan)
- Sender name and position (Nama dan jabatan pengirim surat)
2. Format penulisan surat non formal/tidak resmi:
- Greeting from sender to receiver (salam pembuka dari pengirim kepada penerima)
- Opening (Pembuka)
- Content (Isi)
- Closing (Penutup)
JENIS SURAT BAHASA INGGRIS
- Informal Letter
- Formal Letter
Tugas anda berikutnya adalah :
Silahkan pelajari Jenis Surat Bahasa Inggris dari berbagai sumber yang ada di buku atau internet.
Selanjutnya, buatlah contoh surat dari salah satu jenis surat tersebut secara manual dibuku tulis kalian!
Setelah selesai silahkan kirim pekerjaan kalian via whatsapp!
Pengiriman Tugas saya tunggu sampai jam 12:00 hari ini!
Pengiriman Tugas saya tunggu sampai jam 12:00 hari ini!
Terimakasih.